Kamis, 14 Mei 2020

BINGUNG CARA BIKIN NASI AYAM HAINAN, YUK CEK 5 RESEP PRAKTIS INI

Nasi hainan merupakan masakan tionghoa yg sering acapkali dikaitkan dengan masakan asal singapura atau malaysia, dan jua seringkali ditemui pada negara tetangga yaitu thailand serta diwilayah hainan, china.

Daging ayam disediakan melalui cara tradisional hainan yakni menggunakan cara mengungkep semua ayam pada kaldu tulang ayam. Orang china biasanya tidak memakai air biasa waktu mengungkep daging, melainkan menggunakan kaldu rebusan tulang agar memperkaya citarasa daging tersebut.

Karena arus permoderenan singapura menggantikan kaldu ayam menggunakan air, irisan bawang putih & jahe. Kemudian kaldu jua di masukkan dengan daun pandan kemudian dipakai pada penyajian nasi dan jua sup. Kebanyakan kuliner nasi ayam ini tersaji menggunakan irisan timun, karena kebanyakan orang china menyukai hidangan yang seperti ini.

1. Resep Nasi Ayam Hainan Komplit Dengan 3 Macam Saus

Originalnya nasi ayam hainan ini disajikan dengan 2 saus tapikali ini saya akan berkreasi dengan tambahan saus asli indonesia. Penasaran seperti apa bahan dan cara pembuatannya, simak resep di bawah ini ya!

Bahan yg pada gunakan untuk merebus ayam :

? 1 ekor ayam negeri utuh yang besar & gemuk taburi dua sdm garam juga perasan jeruk nipis ( 1 butir )

? ? Buah bawang bombay berukuran sedang, pangkas menjadi 6 bagian

? 3 lbr daun pandan, cuci bersih & ikat sebagai simpul

? 4 siung bawang putih, memarkan

? 2 batang daun bawang, pangkas ? Potong sebesar tiga centimeter

? Tiga cm jahe iris tipis

? Dua sdt garam

? Dua sendok teh kaldu bubuk instan ( optional )

? 1,5 hingga dua liter air

Bahan olesan ayam panggang :

? 1 sdm minyak wijen

? 1 sdm kecap anggun

? 1 sdm soy sauce

Bahan memasak nasi :

? 400 gr beras yang sudah dicuci higienis

? 1 sendok makan margarin

? Tiga siung bawang putih cincang halus

? Dua centimeter jahe parut atau cincang halus

? 1 sdm minyak wijen

? 550 ? 600 mililiter air kaldu bekas rebusan ayam

? 2 lbr daun pandan simpulkan

Bahan buat saus jahe bawang :

? Tiga btg daun bawang, pangkas kasar

? Dua cm jahe parut

? ? Sdt garam

? 50 ml air matang

? 50 ? 80 mililiter minyak goreng panas yg mendidih

Bahan saus cabe :

? 5 butir cabai merah keriting

? 6 buah cabe rawit merah

? 2 siung bawang putih, memarkan

? 1 cm jahe

? 1 sdt garam

? Dua sdt gula pasir

? 2 sendok makan air jeruk nipis

? 50 ml air matang

Bahan saus soy sauce :

? ? Sendok makan margarin buat menumis

? Dua siung bawang putih cincang halus

? 200 ml air kaldu

? Dua sdm soy sauce

? 1 sendok makan gula palem bubuk

? Dua sendok makan kecap cantik

? ? Sdt garam

? Dua sdt maizena, larutkan denga 50 mililiter air

? 1 buah daun bawang, potong halus

Pelengkap atau garnish :

? Minyak wijen buat mengolesi ayam

? Irisan daun bawng buat garnish

? Biji wijen putih untuk garnish

Tips :

? Sebaiknya memakai ayam yang berukuran akbar agar kulitnya tebal dan mengandung poly minyak. Selain itu ayam besar juga mempunyai daging yg tebal sehingga terlihat menarik waktu dipotong & tersaji, serta juicy didalam.

Persiapan dan cara pembuatan ayam :

1. Siapkan ayam negri atau ayam potong ( saya sarankan ayam negri / kampung ). Gosok permukaan ayam menggunakan garam kasar supaya kulit ayam tidak terlihat licin dan higienis. Pastikan nir terdapat kulit ari ( berwarna kekuningan ) yg masih menempel.

Dua. Gosok jua bagian dalam ayam menggunakan garam dapur, hilangkan lendir ? Lendir yang menempel pada permukaan & bagian dalam ayam.

Tiga. Cuci ayam hinggan sahih ? Sahih higienis termauk bagian dalamnya. Setelah itu barulah lumuri ayam menggunakan perasan air jeruk nipis disemua sisi ayam dan bagian dalamnya pula. Diamkan ayam selama lebih kurang 10 mnt, kemudian cuci lagi hingga bersih.

4. Masukkan rabat bawang putih, bawang bombay, daun bawang & irisan jahe ke pada rongga ayam ( bagian pada ayam ), tambahkan hingga penuh sesak. Sisakan sebagian bumbu buat direbus beserta air.

5. Siapkan panci dan tambahkan air dan garam. Letakkan ayam ke dalam panci yg telah berisikan air, tambahkan pula residu irisan bumbu buat merebua ayam.

6. Rebus ayam diatas barah mini selama sekitar 45 mnt sengan panci tertutup. Sesekali bolak ? Balikkan ayam agar matang merata. Oh ya, ingat cicipi kuah kaldunya buat mengoreksi rasanya.

? Bila air menyusut poly waktu proses perebusan, maka anda sanggup menambahkan sedikit air mendidih, perlu diingat sisa kuah kaldu ini akan dipakai buat mengolah nasi dan ketika penyajian ayam.

7. Setelah 45 mnt matikan barah, pastikan panci permanen tertutup & sisihkan ayam selama 30 mnt. Setelah itu barulah keluarkan ayam berdasarkan panci, aku menyarankan buat memakai indera penjepit buat mengeluarkan ayam.

? Jangan buang air rebusan ayam, lantaran kaldu ini akan dipakai untuk memasak nasi & sebagai kuah pelengkap saat penyajian Nasi Ayam Hainan.

8. Masukkan ayam kedalm baskom atau mangkuk besar berisi air es selama kurang lebih lima hingga 10 mnt, sambil di bolak balik agar ayam dingin merata.

? Jangan merendam ayam terlalu lama lantaran akan menciptakan rasa ayam menjadi hambar

? Tujuan menurut perendaman ini sendiri adalah supaya menghentikan proses memasak menggunakan cepat dan membuat kulit ayam sebagai kencang sehingga teksturnya lebih keras & kenyal. Lantaran salah satu hal yang terpenring waktu pembuatan nasi ayam hainan ini merupakan kualitas & tekstur kulit ayam.

Ukuran ayam dan lama perebusan jua mempengaruhi kekencangan kulit ayam, bila berukuran ayam anda mini maka akan membutuhkan saat perebusan yg lebih cepat, bila terlalu usang akan menciptakan kulit ayam menjadi lunak dan sobek.

Buang bumbu ? Bumbu yang terdapat pada pada perut ayam, usahakan jangan digunakan lagi lantaran bumbu ? Bumbu yang dipakai menyerap bau amis dari ayam.

9. Belah membujur ayam sebagai dua bagian yang sama. Setelah itu keringakan bagian atas ayam dengan tissue dapur atau kain bersih.

? Anda mampu memanggang atau membiarkanya begitu saja. Lantaran umumnya pada restoran nasi ayam hainan menyediakan dua jenis ayam yaitu, yg versi panggang dan versi panaskan.

Untuk versi yang rebus, olesi permukaan ayam yang telah dikeringkan menggunakan minyak wijen secara merata pada semua bagian ayam. minyak wijen ini akan membuat rasa ayam menjadi lebih gurih selain rasa ini akan mempengaruhi tampulan dari ayam tersebuat yakni ayam akan lebih menarik, lembab dan shiny. Setelah itu potong potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera dan taruh dipiring saji.

Untuk versi yang panggang, olesi permukaan ayam dengan campuran minyak wijen, kecap manis dan kecap asin secara merata pada seluruh bagian ayam. panggang ayam di oven pada suhu 200 derajat celcius atau hingga permukaan ayam terlihan mengering. Keluarkan ayam dari oven dan potong – potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera, lalu tata di piting saji.

Cara memasak nasi :

1. Seapkan wajan/ pan/ panci anti lengket. Beri satu sendok margarin dan panaskan hingga meleleh. Tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan beras yang telah dicuci bersih lalu  tumis hingga beras tampak mengering dan terselimuti bumbu. Angkat.

Dua. Tuang beras ke panci rice cooker, tambahkan kurang lebih 550 ? 600 mililiter air kaldu sisa merebua ayam, tambahkan minyak wijen & daun pandan, kemudian masak hingga matang. Aduk-mixer nasi yg telah matang di rice cooker supaya nir menggumpal. Sisihkan.

Cara membuat saus :

? Membuat saus jahe bawang

Siapkan gelas blender dry mill. Masukkan daun bawang dan jahe, tambahkan garam & air matang. Haluskan hingga lembut. Tuang saus ke mangkuk tahan panas, siram menggunakan minyak goreng panas yg mendidih. Aduk sampai rata, pisahkan.

? Membuat saus cabe

Siapkan panci, masukkan cabe, bawang putih dan jahe kemudian masukkan air sampai bumbu terendam, rebus hingga matang. Masukkan bahan saus ke gelas blender dry mill, tambahkan 50 mililiter air rebusan cabe, blender hingga halus. Tuangkan saus cabai ke mangkuk, masukkan garam, gula pasir dan air jeruk nipis, aduk rata. Cicipi cita rasanya, tambahkan garam jika kurang asin.

? Membuat saus soy sauce

Siapkan wajan, rebus margarine. Tumis jahe & bawang putih sampai harum. Masukkan semua bahan saus lainnya, aduk hingga homogen & masak di atas api kecil sampai mendidih dan kental. Tambahkan daun bawang, aduk hingga homogen lalu angkat. Jika saus terlalu kental masukkan sedikit air kaldu rebusan ayam.

? Catatan buat seluruh saus : koreksi rasa sesuai kesukaan masing ? Masing.

Saran Penyajian :

Siapkan piring saji, tuang sebagian saus soy sauce pada dasar piring. Tata ayam Hainan yang telah dipotong-pangkas diatasnya. Taburi menggunakan daun bawang & biji wijen putih (jika suka ). Sajikan ayam dengan nasi Hainan & 3 macam sausnya serta irisan timun. Super duper enak!

2. Resep Nasi Hainan Sederhana Dan Praktis Menggunakan Rice Cooker

Bahan-bahan :

tiga-4 porsi

? ? Ekor ayam kampung ( potong jadi 4 bagian )

? 2,lima cup beras ( cuci bersih )

? Secukupnya air ( buat masak nasi pada rice cooker )

? 1 sdm kecap anggun

? Garam, gula & kaldu fungi secukupnya

Bumbu tumis :

? 3 buah bawang putih cincang halus

? 1 buah bawang merah iris halus

? 1 ruas jahe geprek ( atau secukupnya sesuai kesukaan )

? 1 sdt margarin

? Dua sendok makan minyak wijen

Langkah :

1. Panaskan margarine dan minyak wijen. Masak bumbu tumisan sementara waktu saja sampai harum ( jangan sampai kemarau )

dua. Takar air & beras terlebih dahulu. Masukkan bumbu tumisan, dan bumbui beras secukupnya menggunakan garam, gula, kaldu fungi & kecap manis, aduk rata dan koreksi rasa sesuai selera. Terakhir masukkan ayam kampung.

3. Tekan tombol ?Cooking? Selesainya itu tunggu hingga matang atau sekitar 15 ? 2- mnt.

4. Setelah nasi matang angkat ayam dan jahe, buat ayam pisahkan ke piring saji sedangkan jahenya sanggup dibuang. Lalu pribadi aduk rata nasi supaya nasi tidak berkerak di bagian bawah.

? Agar rasa menurut ayam hainan lebih enak, tambahkan atau olesi ayam dengan seasoning yang terdiri dari minyak wijen, kecap asin atau garam yang telah pada campur kemudian aduk hingga homogen. Lalu jikalau suka bisa tambahkan taburan bawang putih goreng.

Yeay! Nasi ayam hainan simple is ready to serve now!

3. Resep Nasi Hainan Ala Dapur Umami

Bahan – bahan :

? 350 gr beras wangi

? 1 pangkas dada ayam tanpa tulang

? 1 sendok teh micin atau penyedap rasa ( sesuai kesukaan )

? Dua sdt garam

? 12 butir bawang putih cincang halus

? 4 butir bawang merah cincang halus

? 1 batang sereh

? 2 lbr daun pandan, kemudian ikat

? Dua sdm air jahe

? 650 mililiter air

? 2 sdm minyak goreng

Bahan Pelengkap :

? Kecap asin menggunakan irisan bawang putih & irisan timun.

Cara Memasak :

1. Langkah 1

Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah, daun pandan, air jahe & sereh hingga harum.

Dua. Langkah dua

Tambahkan beras, tumis sebentar.

Tiga. Langkah tiga

Masukkan air dan masukkan micin atau penyedap rasa, masak hingga ? Matang, angkat.

4. Langkah 4

Pindahkan pada kukusan, tambahkan ayam, kukus hingga matang ( /-30 mnt).

Tips :

Nasi Hainan memiliki keunikan tersendiri. Masakan yg asal menurut wilayah Hainan, China, adalah sebuah tradisi & seni mengolah sang Suku Hainan.

Nasi Ayam Hainan yang spesial mempunyai aroma bawang putih & jahe yg bertenaga, disajikan menggunakan irisan Ayam Rebus tanpa tulang, & pelengkap berupa Kecap Asin dengan irisan bawang putih dan irisan Timun.

4. Resep Nasi Ayam Hainan Asli Singapore Sederhana Dan Mudah

Cara membuat nasi ayam hainan asli singapura ini sebenarnya sangat mudah jadi anda bisa membuatnya di rumah. Nah, sajian nasi hainan ini juga bisan ansa buat untuk keluarga anda dan saat ada tamu yang datang.

Biasanya di singapore kuliner nasi ayam hainan ini seringkali dijual pada rertaurant china atau loka makan lainnya. Lantaran kenikmatann dan kelezatan nasi hainan banyak sekali orang yg menyukai hidangan yang satu ini.

Untuk itu bagi anda yg bertanya-tanya ingin mencobanya, anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan tuntunan resep yg aku bagikan ini.

Bahan membuat resep nasi hainan mudah yg enak :

? Tiga sdt garam

? 4 siung bawang putih

? 1 liter kaldu ayam

? 4 ruas jahe , kerok dan cuci bersih lalu memarkan

? 750 gram beras

? 4 sendok minyak wijen

? Lima sdm minyak goreng

Bahan buat menu ayamnya :

? 1 ekor ayam

? ? Sendok teh gula pasir

? Garam secukupnya

? Dua sendok makan minyak wijen

? 4 ruas jahe , kerok dan cuci bersih lalu memarkan

? 2 tangkai daun bawang, iris tipis

? Dua liter air

Bahan saus jahe buat Resep nasi hainan sederhana :

? 30 gr jahe

? 200 cc kaldu ayam

? 2 sendok makan kecap ikan

? Minyak goreng secukupnya

Cara menciptakan resep nasi hainan Singapore ala rumahan :

1. Siapkan seluruh bahan & bumbu yang di butuhkan buat menciptakan nasi ayam hainan.

Dua. Pertama ? Tama olah nasi terlebih dahulu dengan cara yaitu ; tumis jahe dan bawang putih sampai harum, kemudian tambahkan beras yg telah dicuci higienis & kocok ? Aduk hingga beras tercampur dengan bumbu. Masukkan garam & kaldu ayam, tunggu air kaldu meresap & habis.

Tiga. Setelah airnya habis angkat dan masak beras menggunakan panci penukus selama kurang lebih 30 menit.

4. Sambil menunggu nasi matang, kita buat ayam hainannya. Siapkan ayam, campurkan bahan ? Bahan yang digunakan buat melumuri ayam seperti minyak wijen, garam dan jahe. Aduk rata semua bahan tadi lalu lumuri ke ayam. Tunggu sampai kurang lebih 45 mnt.

Lima. Campurkan daun bawang, garam dan jahe untuk dimasukkankedalam rongga bagian pada ayam, kemudian rebus ayam selama 20 mnt. Masukkan garam dan gula secukupnya. Jangan lupa untuk dicicipi.

6. Setelah itu angkat ayam dan pangkas ? Pangkas ayam menjadi beberapa bagian sinkron kesukaan & sajikan di piring saji.

7. Untuk membuat kuahnya anda sanggup memakai air bekas rebusan ayam dengan cara panaskan balik airnya kemudian masukkan merica dan labu siam. Masak hingga labu siam terasa empuk.

8. Menyajikan nasi hainam nir akan lengkap apabila tanpa ada saus jahe, berikut adalah cara membuat saus jahe :

Tumis jahe dahulu, lalu tambahkan kaldu secukupnya, kecap ikan, lalu masak hingga airnya mengental. Setelah itu angkat.

Cara penyajian :

Penyajian, siapkan nasi di atas piring, kemudian ayam yg telah ditata pada piring lainnya dengan disiramkan kecap ikan, saus jahe di mangkuk mini dan air kaldu dimangkuk kecil pula. Nasi hainan siap disantap.

Jangan lupa buat menunjukkan Bingung Cara Bikin Nasi Ayam Hainan, Yuk Cek lima Resep Mudah Ini pada teman, saudara serta kerabat anda. Dan tulis dikolom komentar sajian masakan apa yang anda innginkan untuk aku bagikan selanjutnya.

Cantika

Author : Cantika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar