Sabtu, 16 Mei 2020

8 RESEP TEMPE OREK ALA RUMAHAN YANG PRAKTIS SERTA TIPS MENYIMPAN TEMPE OREK AGAR TAHAN LAMA

Tempe merupakan makanan yang sudah sangat familiar di rakyat. Siapa yang nir kenal dengan tempe? Pasti seluruh orang sudah mengenalinya. Bahkan negara tetangga pun sudah mulai melirik tempe buat dijadikan olahan spesial .

Tempe juga mampu dikatakan menjadi bahan kuliner utama lantaran hampir di setiap tempat tinggal tiap harinya pasti menyediakan tempe sebagai hidangan kuliner primer ataupun menjadi lauk pauk. Tempe ini mempunyai kandungan gizi yg sangat baik untuk tubuh, lantaran bahan utamanya adalah kacang kedelai yang telah tidak diragukan lagi kandungan proteinnya.

Selain diolah sebagai makanan tradisional, kini tempe juga bisa dijadikan sebagai hidangan kekinian pada restoran ? Restoran akbar, dan peminatnya pun juga cukup poly. Terbukti kan jikalau tempe jua mampu bersaing dengan sajian ? Hidangan lain di pasaran. Bahkan cita rasanya semakin poly yg mencari makanan satu ini.

Tempe ini bisa pada kreasikan dalam banyak sekali jenis olahan masakan. Dan yang relatif digemari masyarakat salah satunya yaitu olahan tempe orek. Tempe orek ini sangat cocok untuk lauk makan bahkan pula bisa disimpan dulu dilemari kuliner untuk dijadikan sebagai persediaan. Atau jua mampu dijadikan sebagai bekal saat bepergian jauh.

Rasanya yg enak & gizinya yang cantik buat tubuh membuat makanan satu ini sangat diminati rakyat, selain itu cara membuatnya jua terbilang cukup gampang.

Kali ini saya akan membahas berbagai macam resep dan cara membuat tempe orek yang enak, renyah, dan juga tips – tips agar tempe orek ini tahan lama saat dibawa untuk bekal ketika bepergian.

Untuk yang pertama ini terdapat sajian tempe orek sederhana, sesuai dengan namannya cara pembuatan tempe orek ini sangat gampang dan dengan bumbu ? Bumbu yang sederhana. Tanpa harus berlama- lama , pribadi saja simak bahan & cara pembuatannya berikut ini.

1. Resep Tempe Orek Sederhana

Bahan :

? 500 gr tempe

? 100 mililiter air

? 55 gram gula merah

? 15 gram asam jawa

? Garam secukupnya

? 3 butir bawang merah

? 2 siung bawang putih

? 2 buah cabe merah besar

? Tiga buah cabe merah keriting

? Minyak goreng

Cara membuat  :

1. Iris tipis bawang merah & bawang putih.

Dua. Haluskan cabai merah akbar dan cabe merah keriting.

Tiga. Potong tempe berbentuk btg kecil ? Kecil.

4. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, setelah itu goreng tempe hingga kemarau, lalu angkat dan tiriskan.

5. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Kemudian tambahkan cabe merah akbar dan cane merah keriting yang telah dihaluskan tersebut, tambahkan jua gula merah & air, kemudian kocok sampai rata. Masukkan asam jawa & garam secukupnya, lalu campurkan dan kocok lagi sampai homogen, masak sampai mendidih & airnya mengental. Setelah itu matikan api. Biarkan sebentar hingga panasnya berkurang.

6. Jika panasnya sudah berkurang, baru tambahkan tempe yg telah digoreng kering tersebut, kemudian aduk sampai semua bumbunya tercampur rata, kemudian angkat.

7. Siapkan piring saji, dan tempe orek sederhana siap untuk tersaji.

2. Resep Orek Tempe Basah

Yang satu ini ada kreasi tempe orek yang berbeda dari biasanya. Seperti yang sering kita ketahui, umumnya orek tempe itu bumbunya kering tanpa ada kuahnya, nah untuk kali ini saya akan membagikan resep orek tempe basah, mungkin bisa dicoba untuk selingan agar tidak seperti orek tempe biasanya. Berikut bahan dan cara pembuatannya.

Bahan :

? 1 buah tempe

? 3 buah cabe

? Lengkuas secukupnya

? 3 siung bawang merah

? 2 siung bawang putih

? ? Sdt lada bubuk

? Garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya

? 2 sdm kecap cantik

? Air secukupnya

? Minyak goreng

Cara menciptakan :

1. Iris tipis bawang merah, bawang putih, dan cabai.

2. Geprek lengkuas.

Tiga. Potong ? Pangkas tempe berbentuk batang mini ? Mini atau sinkron selera.

4. Siapkan penggorengan, rebus minyak, goreng tempe sampai 1/2 matang saja ( sengaja digoreng setengah matang karena akan dibuat orek tempe basah ). Setelah itu angkat dan tiriskan.

5. Panaskan sedikit minyak, lalu tumis bawang merah & bawang putih hingga harum, lalu tambahkan irisan cabai, aduk rata sebentar, lalu tambahkan air, lalu tambahkan lada serbuk, kecap anggun, sedikit garam, gula, & penyedap rasa. Aduk lagi sampai homogen.

6. Kemudian masukkan tempe yang telah digoreng setengah matang tadi, kocok ? Aduk rata hingga seluruh bumbu merata. Tunggu sementara waktu sampai matang atau sampai kuahnya sedikit mengeluarkan minyak. Setelah itu angkat.

7. Siapkan piring saji, & orek tempe basah siap buat disajikan.

Tiga. Resep Orek Tempe Cabe Ijo

Orek tempe dengan tambahan cabai ijo, bagi anda penyuka pedas olahan ini sangatlah cocok bagi lidah anda. Pembuatannya pun juga sangat mudah, langsung saja saya bagikan bahan dan cara pembuatannya.

Bahan :

? 200 gr tempe

? 1 genggam pete atau sinkron kesukaan

? Lima buah cabai keriting ijo

? Tiga siung bawang putih

? Lima butir bawang merah

? Dua lbr daun salam

? 1 btg daun bawang

? Tiga,lima sendok makan kecap cantik atau sesuai kesukaan

? 1 sdt kaldu fungi

? 1 sendok teh gula

? 1 sdt garam

? 300 mililiter air

Cara menciptakan :

1. Iris  cabai ijo dan daun bawang menyerong.

Dua. Iris tipis ? Tipis bawang merah.

Tiga. Cincang bawang putih.

4. Potong tempe berbentuk kotak ? Kotak mini atau sinkron selera.

5. Siapkan penggorengan, goreng tempe yang telah dipotong hingga kering. Kemudian angkat dan tiriskan.

6. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah & bawang putih sampai harum, masukkan daun salam, pete, dan cabe ijo, kocok ? Aduk rata sampai tercampur, kemudian tambahkan air, tunggu sebentar hingga airnya sedikit menyusut.

7. Setelah airnya sedikit menyusut, tambahkan tempe yang telah digoreng kering tersebut, aduk rata hingga seluruh bumbu merata, masukkan kecap cantik, kaldu jamur, sedikit garam & gula.

8. Jika seluruh bumbu telah tercampur rata, kecilkan api & sisihkan selama beberapa waktu agar bumbunya semakin meresap, selesainya itu angkat.

9. Siapkan piring saji, dan orek tempe cabai ijo siap buat tersaji.

4. Resep Orek Tempe Pedas Manis

Bahan:

? 300 gr tempe, potong dadu

? Tiga siung bawang putih

? Lima siung bawang merah

? Lima butir cabe rawit

? 1 btg serai

? 1 centimeter lengkuas

? 1 lbr daun salam

? 1 sdm saus tiram

• 1 sendok teh  merica bubuk

• 2 sendok makan  kecap

? Garam secukupnya

? Air secukupnya

Cara membuat:

1. Potong tempe berbentuk dadu atau sinkron kesukaan.

2. Iris tipis bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit.

Tiga. Memarkan lengkuas dan btg serai.

4. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng tempe hingga setengah matang. Kemudian angkat dan tiriskan.

Lima. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah & bawang putih sampai harum. Masukkan daun salam, serai, lengkuas, & cabai rawit. Tumis lagi hingga harum.

6. Masukkan kecap anggun, saus tiram dan merica bubuk, masukkan sedikit air. Masak hingga mendidih. Kemudian kecilkan apinya.

7. Setelah itu masukkan tempe, aduk ? Aduk rata hingga bumbu tercampur homogen, masak sampai kuahnya menyusut & bumbu meresap. Kemudian matikan api & angkat.

8. Siapkan piring saji dan orek tempe pedas manis siap buat tersaji.

Lima. Resep Orek Tempe Kacang

Untuk yang kelima ada orek tempe dengan tambahan kacang tanah goreng, bisa dibayangkan kan gurihnya kacang tanah bercampur dengan rasa khas tempe yang enak banget yang bercampur dengan bumbu – bumbu orek. Tanpa perlu berlama – lama, inilah resep bahan dan cara pembuatannya.

Bahan :

? 750 gr Tempe

? 75 gram Kacang tanah

? 2 sendok makan Bawang merah goreng

? 13 buah Cabe merah keriting

? 7 siung Bawang merah

? 5 siung Bawang putih

? Dua lbr Daun salam

? 4 lembar Daun jeruk

? Dua cm Lengkuas

? 2 mata asam jawa

? Tiga sdm Gula merah

? 1/2 sendok teh Gula pasir

? 1 sendok teh Kaldu bubuk

? Garam secukupnya

? Minyak goreng

Cara menciptakan :

1. Iris tipis bawang merah dan cabai merah keriting.

Dua. Cincang halus bawang putih.

Tiga. Sisir halus gula merah.

4. Buang tulang daun jeruk.

Lima. Geprek lengkuas.

6. Seduh asam jawa dengan tiga sdm air panas.

7. Potong tempe berbentuk btg mini ?Mini .

8. Siapkan penggorengan, rebus minyak, goreng tempe sampai kering, sesudah itu angkat dan tiriskan.

9. Kemudian goreng kacang tanah memakai api kecil agar tidak hingga gosong. Lalu angkat dan tiriskan.

10. Panaskan sedikit minyak, masukkan cabe merah keriting tunggu hingga agak kemarau, kemudian tambahkan bawang merah & bawang putih, tumis sebentar hingga harum.

11. Setelah itu tambahkan daun salam, daun jeruk, dan lengkuas, campurkan dan kocok sampai rata. Lalu tuang air seduhan asam jawa, tambahkan gula merah & mixer terus hingga gula larut. Kemudian tambahkan gula pasir, kaldu serbuk, dan sedikit garam, kocok lagi sampai homogen. Tunggu sebentar sampai agak mengental, lalu matikan api.

12. Tunggu sebentar hingga agak dingin sekitar selama tiga hingga dengan 5 mnt. Baru masukkan tempe dan kacang yg sudah digoreng kering tadi, aduk rata terus hingga semua bumbu tercampur homogen menggunakan tempe dan kacang. Setelah itu taburi bawang goreng & mixer lagi hingga homogen, kemudian angkat.

13. Siapkan piring saji, & orek tempe kacang siap buat tersaji ( Atau tambahkan ke dalam wadah rapat udara jika ingin dibentuk persediaan ).

6. Resep Orek Tempe Udang Kecap

Selanjutnya ada orek tempe dengan tambahan udang, rasa tempe yang enak bercampur dengan udang yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Pasti enak sekali rasanya jika dimasak dengan bumbu orek. Langsung saja simak bahan dan cara pembuatannya berikut ini.

Bahan :

? 1 papan Tempe

? 5-6 siung Bawang merah

? Tiga siung Bawang putih

? 10-12 buah cabe merah keriting

? 1/2 sendok teh lada

? 4 buah Kemiri

 cabe rawit sesuai selera  ( jika suka pedas )

? Minyak goreng

? Kecap cantik secukupnya

? Garam, gula, dan kaldu bubuk secukupnya

? Dua lbr Daun salam

? 2 lbr Daun jeruk

? 1 btg Sereh, digeprek

? 100 gr Udang basah

Cara menciptakan :

1. Potong ? Potong tempe berebentuk kotak atau sinkron kesukaan.

2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, lada, cabe merah kriting, dan cabai rawit.

Dua. Siapkan penggorengan, goreng tempe yg sudah dipotong sampai setengah matang. Kemudian angkat & tiriskan.

3. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah, bawang putih, kemiri, lada, cabai merah keriting dan cabai rawit yg telah dihaluskan tersebut. Tumis hingga baunya harum.

4. Kemudian tambahkan daun salam, dan jeruk, & sereh.

Lima. Setelah itu masukkan udang segar, masak sampai matang atau sampai udang berubah rona.

6. Kemudian masukkan tempe yang sudah digoreng setengah matang tersebut. Aduk terus sampai seluruh bumbunya tercampur.

7. Kemudian masukkan kecap manis, garam, gula, dan kaldu bubuk sinkron selera.

8. Tambahkan sedikit air, aduk rata lagi sampai seluruh bumbu tercampur menggunakan tempe & udang. Masak dengan barah mini , tunggu sampai matang. Setelah itu angkat.

9.  Siapkan piring saji, dan orek tempe udang kecap siap untuk disajikan.

7. Resep Tempe Orek Teri

Ikan teri itu sendiri memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, apalagi jika dicampur dengan tempe yang juga tinggi kandungan proteinnya. Cocok sekali kan untuk bekal anak – anak ke sekolah. Berikut bahan dan cara pembuatannya.

Bahan :

? 1 papan tempe

? 2 genggam ikan teri

? 5 buah cabe hijau

? 3 blok kecil gula merah

? Dua lbr daun salam

? 2 butir bawang putih

? 5 butir bawang merah

? 10 buah cabai merah keriting

? 1 ruas jahe2 ruas lengkuas

? 1/dua gelas kecil air

? Garam & penyedap rasa secukupnya

? Minyak goreng

Cara menciptakan :

1. Potong tempe berbentuk dadu atau sinkron kesukaan.

2. Iris serong cabai hijau.

Tiga. Sisir gula merah sampai halus.

4. Haluskan bawang putih, bawang merah, & cabai merah keriting.

5. Geprek jahe & lengkuas.

6. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng tempe yang sudah dipotong tersebut sampai setengah matang. Kemudian angkat dan tiriskan.

7. Setelah itu goreng ikan teri sampai warnanya kuning keemasan.

8. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai merah kriting sampai harum. Lalu masukkan gula merah serut dan irisan cabai hijau, aduk rata sampai tercampur, kemudian masukkan air, garam, & penyedap rasa. Masak hingga airnya sedikit menyusut.

9.  Setelah itu kecilkan api, lalu masukkan tempe dan ikan teri goreng, aduk – aduk dan tunggu sampai matang atau sampai airnya semakin menyusut. Kemudian angkat.

10. Siapkan piring saji, dan tempe orek teri siap buat disajikan.

8. Resep Orek Tempe Petai

Yang terakhir bagi penikmat petai, ini cocok sekali untuk anda coba, kali ini ada orek tempe petai. Soal rasa pasti tidak diragukan lagi apalagi bagi pecinta petai, sudah pasti akan sangat menempel dilidah mereka. Baiklah langsung saja saya bagikan resep bahan dan cara pembuatannya berikut ini.

Bahan :

? 2 papan tempe

? Dua genggam petai

? 8 butir bawang merah

? Lima siung bawang putih

? 2 batang serai

? Dua lbr daun salam

? Dua lbr daun jeruk

? Lima buah cabe hijau

? 6 sendok makan kecap manis

? Lima buah cabe rawit

? 50 mililiter air

? Garam,penyedap rasa, dan gula pasir secukupnya

 Minyak  goreng

Cara menciptakan :

1. Potong petai sebagai dua bagian.

2. Potong ? Pangkas tempe berbentuk dadu atau sinkron kesukaan.

3. Iris tipis bawang merah, bawang putih, cabai hijau, dan cabe rawit.

4. Memarkan btg serai.

Lima. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng potongan tempe hingga setengah matang. Kemudian angkat dan tiriskan.

6. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah & bawang putih sampai harum, kemudian masukkan serai, daun salam, daun jeruk, dan kecap anggun, abaikan sebentar sampai terkaramel. Lalu tambahkan air, beri garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya. Dan kecilkan apinya.

7. Setelah itu masukkan tempe yang sudah digoreng 1/2 matang tersebut, masukkan juga petai, cabe hijau & cabai rawit, lalu aduk rata sampai seluruh tercampur menggunakan bumbu. Biarkan sebentar sampai bumbu mengental dan meresap. Setelah itu matikan api kemudian angkat.

8. Siapkan piring saji, & orek tempe petai siap buat tersaji.

Bagaimana resep ? Resep orek tempe yg sudah aku bagikan diatas, relatif gampang kan. Bahan ? Bahannya pun pula gampang didapat pada toko ? Toko lebih kurang tempat tinggal , dan pastinya dengan harga yang terjangkau.

Tips Membuat Oreg Tempe Agar Bisa Tahan Lama

Saya juga akan membagikan tips – tips agar orek tempe yang telah kita buat bisa tahan lama, atau cocok untuk dibawa bekal saat bepergian. Berikut tips dari saya agar orek tempe tahan lama :

1. Upayakan iris tempe setipis mungkin keika memotong ketika akan dimasak.

2. Saat menggoreng tempe saat akan mengolah, goreng sampai benar ? Benar kering agar tempe tetap krispi.

Tiga. Setelah dimasak & ingin menyimpannya, sebelum orek tempe dimasukkan dalam wadah, tunggu hingga orek tempe sahih ? Sahih telah dingin, baru tambahkan kedalam wadah.

4. Gunakan wadah yang kedap udara buat menyimpan orek tempe agar lebih tahan lama .

Semoga artikel aku kali ini berguna buat anda, selamat mencoba resep ? Resep orek tempe menurut saya, & semoga tips yang saya bagikan bisa bermanfaat bagi anda. Terimakasih dan selamat berkreasi.

Jangan lupa buat menunjukkan 8 Resep Tempe Orek Ala Rumahan Yang Praktis Serta Tips Menyimpan Tempe Orek Agar Tahan Lama pada teman, saudara serta kerabat anda. Dan tulis dikolom komentar sajian masakan apa yg anda innginkan buat aku bagikan selanjutnya.

Cantika

Author : Cantika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar